Senin, 30 Mei 2011

Sepenggal Cerita Berharga

Oke, gue mulai dari awal kenapa gue bisa masuk 39, pertama yang pasti cuma iseng. gue pikir nilai gue yg saat itu rata-ratanya cuma 8,7 ga bakal bisa masuk galan. Gue udah mikir palingan masuk ke 99 gitu yg deket deket rumah. eh ternyataaaa tidak disangka sangka bisa masuk juga diperingkat 174 :) . jelas kaget pas tau,gue aja daftar dulu di 99 ga kaya temen temen yg lain rata rata pada daftar langsung di 39.

pertama kali gue masuk X-A,masih belom dibagi kelas. nah pindah lagi lah gue ke X-I. abis itu kan ada tes tes gitu yaa eh ga nyangka masuknya ke X-E yg pada saat itu kelas unggulan matematik. pas banget,gue emang suka sama matematik. kenapa? karena matematik itu ilmu pasti. ga berbelit belit, 1+1 pasti 2 dimanapun di dunia ini. di kelas itu gue sekelas sama tara,hanin,iwan yg se-SMP bareng gue. awal masuk? berat banget. gue awal-awal masuk naik angkot, berangkat jam 6 kurang 15 dan selalu telat. temen sebangku gue pun begitu, Larasayudea. jadi nih ya kita kalo duduk pasti di depan gara2 telat dateng, secara itu tempat duduk tiap hari ngacak.

kesan pertama XE? anak-anaknya pinter. asli. ga bohong. gue aja sempet ngerasa jadi anah terbodoh, gue ketinggalan pelajaran banget. ga ngerti apa apa. bisanya cuma nyontekkkk aja pas ada pr. pengennya ga ngerjain, tapi ga ada temennya. AH gila! bener2 ga cocok banget sama gue yg santai -___-" singkat cerita, pas kelas X itu gue dapet peringkat sekitar 36,37 ato 38 lah. bayangin aja yg lain fisikanya pada 8 sama 9 eh gue 59 -,-' makin yakin kalo gue bener2 anak terbodoh di kelas itu. pas semester 2 fisika gue 68. dan itu jadi sebab kenapa gue ga bisa masuk ipa.

Awal tau gue ga dapet ipa? sedih, gue nangis nangis sama nyokap minta dia dateng ke sekolah dan ngurusin biar gue bisa masuk ipa. alesan masuk ipa? gue ngejar matematika dasarnya,gara2 gue pengen ke STAN gituh. ada saat yg lebih nyakitin lagi, pas tau Alya mau pindah ke ips gue buru-buru ngajuin tukeran sama dia. hari kamis gue ngomong ke wakil kepsek, dia bilang oke. terus ditanya, "kamu mau langsung masuk besok apa senin aja?" yaudah gue bilang aja senin kan nanggung juga. ehhh jegerrrrr pas besoknya gue dikabarin kalo gue ga bisa pindah ke ipa. ada anak lain yg (maaf) ngambil hak gue. sampe sekarang (jujur) gue masih kesel kalo ketemu dia.

Belajar buat ikhlas,awalnya pas masuk ips gue ga semangat, males malesan. bayangin aja, dari XE yg terbuang ke ips cuma 2 orang. gue sama Alex. mana ga sekelas juga sama dia. awal masuk gue akuin emang lebih santai dibanding temen temen gue di ipa. gue bukan tipe orang yg pinter ngomong, gue lebih suka diem ngerjain itu tugas tugas kecuali pas diambil nilai baru gue ngomong.

hal yang paling gue ga nyangka, gila banget. gue dapet peringkat 1! hah? percaya gak sih gue yg begini yg males malesan bisa dapet begituuu -___-" ga pernah nyangka dan ga ngerasa pantes. gue ngejalanin semester 2 juga biasa aja disaat orang-orang pd ngejar nilai. alhasil turunlah ke peringkat 2. ya gapapa,toh gue emang ga sepinter itu buat jadi peringkat 1.

next. kelas 3 semester 1, gue udah ga mikirin lagi itu peringkat peringkatan. toh yg penting gue lulus terus bisa masuk stan. ehhh dapet peringkat 1 lagi :) pas semester 2 nih padahal nilai try out un gue ancur, dari 5 to yg lulus cuma 2. bayangin aja nilai 4 sama 5 menghiasi rapot hasil to gue. udah sempet mimpi gue jadi peringkat 17 ehhhhhh malah peringkat 1 lagi. hasil UN? nilai murni UN gue sih 53,70 rata2 8,95 tapi karena digabung sama nilai sekolah jadi nilai akhirnya rata2 8,7 jumlahnya beda 0,5 sama yg peringkat 1,dan beda 0,1 sama yg peringkat 3. ya gapapalah,ga terlalu mikirin gue. cukup puas di peringkat 4 bareng yusuf kelas sebelah.

pas tahun ini kebetulan masuk kuliah ada program jalur undangan. awalnya ga kepikiran buat masuk ptn,pengen banget stan. kalopun ga dapet paling ngambil d3 pajak UI gitu. karena kepilih, ya anggep aja coba coba gitu siapa tau masuk. gue emang udah plan ngambil jurusan pajak. berhubung di UI ada administrasi fiskal yaudin gue pilih deh. secara di situ doang  ada pajak s1 se-Indonesia, ga pede bakal diterima. pas liat daya tampung aja cuma 20orang. udah pasti ga bisa,gue pikir begitu. tetep UI jadi pilihan pertama dgn pilihan jurusan 1)adm. fiskal 2)akuntansi 3)manajemen terus karena gue ga pengen kuliah jauh jadi pilihan kedua gue isi IPB urutannya 1)manajemen 2)ilmu ekonomi syariah 3)agrobisnis. pas deket deket pengumuman gue baru tau kalo IPB ga boleh dari jurusan ips -____-" . yahh yaudah akhirnya gue udah mikir ga keterima. harapan gue ya stan,kalo ga ya kerja yg pasti.

pas tanggal 17 gue baru tau pengumumannya jam 7 malem dan saat itu gue lagi main aja di cibubur junction. yg gue tau tanggal 18 hehe terus si ipeh ngasih tau dia keterima di akun ui,terus aryl juga di admin niaga pas jam set 6an. buru buru gue balik pengen liat pengumuman ehh ternyata belom bisa. deg-degan banget. pacar gue sendiri aja bilang, ah paling ga keterima. gituh. yaudah pesimis deh. jreng jrengg pas jam 7 gue langsung buka web nya daaaaaannnnn hasilnya "selamat anda lulus seleksi snmptn undangan di FISIP UI jurusan ilmu adm fiskal" (singkatnya) WAH! langsung sujud syukur gueeee nangis nangis kaga nyangka keterima #lebay eh tapi itu beneran lho.

tapi tetep, stan masih dihati. gue masih pengen coba tesnya. kalo emang keterima yaaaa hidup ini pilihan ya, jadi kemungkinan gue ambil stan dan fiskal ui gue tinggal. tapi kan cuma Allah doang yag tau masa depan gue gimana. jadi pasrah aja.

SEBUAH PELAJARAN BERHARGA
pelajaran yg bisa diambil dari sini. apa? hemmm Allah itu punya rencana yang menurutNya terbaik buat kita. jadi mikir,coba dulu gue masuk ipa. ga bakalan deh peringkat 1 apalagi dapet undangan. sebenernya ada rahasianya sih hahaha mau? hm oke lah mari berbagi. untuk yang muslim ya, kalo solat di sujud terakhir kan banyak yang minta ini itu ya. nah kalo gue, gue bilang "ya Allah berikanlah segala yang terbaik untukku". terus pas abis solat kan dzikir yaa sama doa. jadi gue pernah baca buku judulnya 'the road to Allah' disitu ditulis,sebenernya ada 3 tingkatan dalam doa gue cuma inget 2 sih yg paling rendah itu kalo kita berdoa begini "ya Allah, berikan, ampuni, bantu" coba dipikir deh, kata kata itu kalo ditelaah sama aja kaya "menyuruh dengan kata halus". coba bandingin sama yg ini "dik,tolong berikan nasi kucing ini ke tetangga" oke. jawab sendiri ya alesannya. tapi doa kaya gitu tetep bener kok, ga salah. berdoa aja gimana enaknya kita. ini kan tergantung keyakinan masing-masing.
nah,kalo doa yg tertinggi itu lebih berisi dgn kata kata yg memuji Allah, begini nih doa gue tiap solat "ya Allah, terimakasih atas segala yang telah Engkau berikan kepadaku dan keluargaku sampai hari ini. sesungguhnya aku serahkan segala hidup dan matiku kepadaMu ya Allah karena aku yakin Engkaulah Maha Tau apa yang terbaik untukku hari ini dan seterusnya." kurang lebih begitulah. jadi sekarang gue sadar, ini jalan terbaik buat gue dan harus gue jalanin dengan sebaik-baiknya.

sekali lagi, ini tergantung keyakinan masing-masing, gue cuma mau berbagi aja.. kalian pun pasti punya keyakinan tersendiri. jadi, ikutin aja apa yang kalian yakinin. okeh!
sekian postingan kali ini,semoga bermanfaat.
good luck buat yang besok SNMPTN :) semangat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar